Sentra Kerajinan Anjoroku : Membuat Souvenir Berbahan Dasar Tempurung Kelapa

122

Mengunjungi Kepulauan Selayar, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas daerah dengan julukan Bumi Tanadoang ini. Selain makanan kecil atau cemilan khas Selayar, beberapa souvenir bisa juga Anda peroleh di beberapa tempat di Kota Benteng, Ibukota Kepulauan Selayar.

Salah satunya aneka merchandise yang dijajakan di Sentra Kerajinan Tangan Anjoroku , salah satu Toko Oleh-Oleh yang menjual aneka souvenir berbahan dasar tempurung kelapa. Toko dan workshop yang beralamat di Jl. DI Pandjaitan No.47, Benteng ini, memperoduksi souvenir berupa miniatur Gong Nekara, penyu, ikan paus, perahu hingga rumah adat Kepulauan Selayar.

Adalah Nurkamar ( 50 Tahun ) yang menyulap tempurung yang kerap terbuang, menjadi produk-produk yang memiliki nilai ekonomi. Produk dari usaha dengan puluhan karyawan ini, telah terjual, tidak hanya di skala lokal namun juga di luar daerah Kepulauan Selayar.

“Harganya beragam dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Ada yang kami buat menjadi gantungan kunci, hiasan meja dan produk-produk yang bisa ditempel atau digantung di dinding,” ucap Nurkamar, pemilik entra Kerajinan Tangan Anjoroku.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY