Bursa Inovasi Desa Kepulauan Selayar Digelar Pekan Depan

75
Pelaksanaan BID 2017Kepulauan Selayar

Untuk kedua kalinya, Bursa Inovasi Desa ( BID ) akan digelar di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Untuk tahun ini, Bursa Inovasi Desa Kepulauan Selayar akan di laksanakan 11 Oktober 2018 dengan tema “Dari Desa Membangun Indonesia”. Kegiatan rencananya berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar.

Acara ini dikemas dalam bentuk pameran dan konsultasi antar pemangku kepentingan terkait Program Inovasi Desa ( PID ), sebuah program yang dilatarbelakangi oleh hadirnya Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 dimana Desa memiliki dua kewenangan, yakni kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Kewenangan ini menuntut kreatifitas Desa dalam pengelolaan anggaran.

Ada seratus lebih menu inovasi Desa yang akan dipresentasikan dalam bentuk teks, gambar dan video pada acara Bursa Inovasi Desa. “Menu-menu inovasi ini diharapkan menjadi referensi bagi Desa untuk menjalankan program pembangunan yang inovatif dan memiliki nilai kemanfaatan,” ucap Riyadi, salah seorang Panitia Pelaksana kegiatan.

Pada acara yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini, Selain ratusan menu inovasi Desa dari seluruh Indonesia, beberapa model inovasi lokal Kepulauan Selayar juga akan ditampilkan. Termasuk produk-produk inovasi seperti kerajinan, makanan olahan, dan produk UKM lainnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY